Perilaku Manusia Pancasilais.

TIGA ranah perilaku manusia yaitu pengetahuan, sikap dan tindakan.

Sedangkan perilaku manusia dibatasi karena dinilai dan diatur dalam undang-undang.

Terkait perilaku manusia sebagai warga negara Indonesia, sudah seharusnya dan sewajibnya untuk belajar mengenai Pancasila. Terlebih nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Diantara teman-teman pembaca, pasti ada yang baru menguasai minimal satu sampai dua ranah perilaku manusia dari tiga ranah tersebut untuk mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila.

Jangan patah semangat. Teruslah belajar untuk bisa menguasai Pancasila dari tiga ranah tersebut.

Namun, jika diantara teman-teman ada yang merasa telah menguasai semua ranah perilaku manusia dan dengan lantangnya meneriakkan nilai-nilai Pancasila, kami Pancasila atau gelora sejenisnya tentang Pancasila, dan ternyata: masih saja MEMBULLY orang yang sedang berjuang bahkan mereka yang berprestasi sekaligus, masih saja menyebarkan berita HOAX, masih saja menjadi PROVOKATOR, dan terus melakukan hal-hal yang bertolak belakang dengan nilai-nilai Pancasila, maka mari tegur dan doakan mereka.

Jika berat, lantunlanlah protes kita terhadap mereka yang bertindak bertolak belakang dengan nilai-nilai Pancasila lewat postingan POSITIF atau laporan kepada pihak yang berwajib.

Pancasila bukan cuma soal hafalan, Pacasila soal pengamalan dan atau TINDAKAN.

#OPINI

Christianto Novel .