Pintar Harus, Tetapi Karakter Lebih Utama.

TIDAK sedikit orang tua mencari sekolah favorit untuk menyekolahkan anaknya. Bahkan, rela mengunjungi sekolah yang diinginkan walupun jaraknya jauh dari tempat tinggal, lebih lagi siap banting-tulang mencari uang untuk  mengeluarkan biaya yang tidak sedikit jika memang harus bersekolah di sekolah favorit terlebih sekolah swasta.

Di daerah-daerah tertentu, demi menggapai ambisinya, terkadang orang tua ada yang nekat menghalalkan segala cara demi sang anak bisa diterima di sekolah yang dianggapnya bisa mencetak siswanya pintar.

Harapannya ketika anak bias masuk di sekolah yang dicap favorit bisa menjadi pintar dan kelak menjadi sukses. Namun perlu diingat, untuk meraih kesuksesan itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dan kiranya perlu digaris bawahi pintar bukan satu-satunya cara untuk meraih kesuksesan.

Kenyataan hari ini, anak itu tidak seratus persen harus pintar. Tetapi yang paling utama anak itu memiliki karakter. Pintar penting, tetapi kepintaran bukan segala-galanya. Pintar tanpa diimbangi karakter adalah tidak baik.

Diluar sana banyak orang yang pintar, tetapi tidak berkarakter. Contohnya mereka-mereka yang berdasi dan memiliki kekuasaan, tidak sedikit dari mereka yang saat ini tidur di balik jeruji besi.

Apakah mereka bodoh ? Tidak. Mereka hanya tidak memiliki karakter yang baik.

Apakah mereka sekolah di tempat favorit dulunya ? Jelas iya. Walaupun tidak semua, tetapi banyak dari mereka bahkan lulusan luar negeri.

Apakah sekolah favorit menjamin ? Tentu menjamin.

Tapi kenapa bisa kecolongan ? Tanyakan pada mereka apa yang salah dengan mereka.

Lantas ini menyangkut apa ? KARAKTER !

Terkait sekolah itu bisa dimana saja, tidak harus di sekolah favorit. Sebab kesuksesan itu tidak sepenuhnya ditentukan oleh kepintaran. Kesuksesan itu datang dari dalam diri kita sendiri. Manakala kita berperilaku baik, jujur, displin dan memiliki rasa tanggungjawab, maka itulah tangga dalam menuju kesuksesan serta aman dan tenteram.

Perilaku yang positif akan menjadi bekal terbaik yang bisa mengantarkan langkah menuju kesuksesan. Artinya, pintar iya, tetapi sikap dan perilaku baik pun lebih penting dari sekedar pintar.

 

#Opini

Christianto Novel.